Lulus Kuliah di Usia 84 Tahun

Oleh: Juragan Toz Sugianto Saturday, July 25, 2015
Ini terjadi di Tiongkok. Usia tidaklah jadi penghalang bagi Zhang Renpeng, seorang kakek berusia 84 tahun untuk terus menempuh pendidikan. Bagaimana tidak di usia serenta itu untuk ukuran normal manusia, ia baru saja menyelesaikan pendidikannya di Institut Pendidikan Jasmani Wuhan (WIPE). Zhang Renpeng mengikuti perkuliahan reguler kuliah selama kurang lebih 20 semester atau 10 tahun dan berhasil lulus dari jurusan tenis. Zhang Renpeng tercatat sebagai wisudawan tertua yang diwisuda tahun tersebut.

Zhang Zhang Renpeng sendiri merupakan seorang pensiunan kepala teknisi. Selama ini, Zhang memang suka berolahraga. Selain tenis, dia mengambil kelas foto jurnalistik serta bahasa Prancis dan Jepang.Pada 2006, dia mulai mengambil kelas tenis di Institut Pendidikan Jasmani Wuhan (WIPE). 

Lika-liku Perjalanan Zhang Renpeng untuk kuliah sampai lulus sangatlah banyak tantangan. Pada tahun 2012, dia didiagnosis menderita penyakit berat terlebih untuk jurusan yang ditekuni yaitu kanker prostat. Namun, penyakit itu bagi dia bukanlah sebuah penghalang berat yang akan menghentikan komitmennya untuk terus belajar sampai tuntas. Meskipun berat dilalui, berkat support dari para dosen dan kawan-kawannya, Zhang Renpeng justru lebih bersemangat. 

Menurut penuturan Li Kaijie, salah seorang kawan Zhang Renpeng yang lulus bersamaan, si kakek patut menjadi panutan. Salah satu tantangan lainnya, Zhang Renpeng tinggal cukup jauh dari kampus tempat kuliahnya, meski begitu, dia selalu datang paling awal daripada mahasiswa lainnya dan pulang paling akhir.

Berkat kerja kerasnya, kini setelah lulus, Zhang Renpeng diberikan kepercayaan sebagai asisten dosen di kelas tenis, meskipun usia tak lagi muda untuk bekerja. Akan tetapi Zhang Renpeng memiliki komitmen untuk tetap terus berolah raga setiap hari sepanjang ia mampu melakukannya.

Demikian .... semoga kisah ini menginspirasi kita untuk tetap terus belajar, belajar, belajar .... sampai kapanpun.