Subscribe:

Dokumen KTSP SD/MI



Dokumen KTSP adalah seperangkat Bukti Fisik Kurikulum Sekolah (Satuan Pendidikan) atau KTSP yang merupakan Landasan Opersional pelaksanaan pembelajaran di setiap sekolah. Dokumen KTSP atau kurikulum menjadi sesuatu hal yang sangat penting bahkan mutlak keberadaannya di suatu sekolah karena Dokumen KTSP merupakan sumber pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Itu artinya pembelajaran tidak mungkin bisa dilakukan (dengan benar) jika sekolah tidak memiliki Dokumen KTSP atau Kurikulum Sekolah.
Bagaimana kalau pembeljaran hanya dilakukan dengan bersumber pada Buku Pelajaran? Pertanyaan itu kerap muncul dari berbagai pihak bahkan mungkin dan PASTI (maaf) banyak di antara rekan kita sebagai guru yang hanya melaksanakan itu (pembelajaran hanya berpedoman pada buku pelajaran).
Dalam kondisi "darurat", hal itu mungkin bisa saja terjadi. Seperti contoh pembelajaran yang dilakukan oleh para Kiai yang mengajarkan Kitab Kuning di Pesantren Tradisional. para Kiai tersebut tidak mengenal Kurikulum Pesantren, yang ada hanyalah berapa jenis Kitab Kuning yang Beliau kuasai didukung dengan Kitab Kuningnya dipelajari oleh para Santri, jadilah PEMBELAJARAN dan hasilnya? (rupanya hal ini tidak terlalu penting untuk dipaparkan - ada kelebihan dan ada kekurangannya)
Apabila kita memaknai bahwa lembaga pendidikan (sekolah) merupakan sentra pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, agama serta karakter budaya bangsa yang sarat dengan keberagaman, nampaknya pola pembelajaran tradisional yang seperti keberhasilannya telah dipraktekka di Pesantren Tradisional tersebut sudah tidak cocok lagi dengan kondisi jaman.
Ke-bhinekaan Indonesia, pemandirian dan otonomi sekolah, pemberdayaan sumber daya pendidikan, partisipasi masyarakat, kearifan budaya lokal serta banyak aspek lagi menjadi alasan bahwa pemerintah menerapkan konsep KTSP untuk diberlakukan di setiap sekolah. Sementara ke-Tunggal Ika-an Indonesia yang menjadi alasan bahwa pemerintah menetapkan Standar Isi (berdasarkan Permendikbud No. 22 tahun 2006) sebagai Landasan Penyusunan Dokumen KTSP dan mengontrol keberhasilannya melalui Ujian Nasional (UN).
Secara konseptual, pemahaman terhadap Dokumen KTSP sangat beragam, akan tetapi mungkin akan lebih sederhana jika memahami Dokumen KTSP dari wujud kongkritnya. Yang dimaksud KTSP di suatu sekolah terdiri dari:

Dokumen 1; Buku Utama KTSP, contoh Dokumen 1 - Download KLIK di SINI
Dokumen 2; Silabus yang dibuat oleh Tim Pengembang Kurikulum Sekolah
Dokumen 3; Model Silabus yang dikembangkan oleh BSNP
Dokumen 4; Himpunan Peraturan Hukum tentang KTSP

Keempat Dokumen KTSP tersebut wajib dimiliki oleh setiap satuan pendidikan. Dibuat oleh Tim Pengembang Kurikulum Sekolah dan direvisi secara berkala setiap semester atau tahun pelajaran atau sesuai dengan kebutuhan. Jika penyusunan dan revisi KTSP berjalan dengan baik, maka KTSP hendaknya setiap tahun pelajaran berganti dokumen sehinga akan dikenal KTSP 2011/2012, KTSP 2012/2013 dan seterusnya.
Demikian kiranya penjelasan singkat ini, semoga rekan mahasiswa, guru, personalia pendidikan lainnya serta rekan pemerhati pendidikan mendapatkan referensi tambahan mengenai KTSP.

.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda, masukkan yang sangat berharga bagi Kami.