-->

Silabus dan RPP; KTSP 2006 dan Kurikulum 2013

Ketika Guru "Alergi" dengan Penelitian


Ketika Guru "Alergi" dengan Penelitian || Secara formal, guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana, dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia.

Sedangkan Guru menurut UU no. 14 tahun 2005 “adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.” 

Apabila merujuk pada definisi guru di atas, memang tidak ada tugas guru harus melakukan penelitian, akan tetapi jika dikaji lebih jauh bahwa tuntutan untuk bisa menjadi guru yang mampu mendidik dan mengajar, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi dalam konteks kehidupan tidak terlepas dari perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, kebudayaan dan tatanan kehidupan sosial masyarakat dunia, maka sangat diperlukan pribadi yang kreatif dan inovatif. Bagaimana mungkin bisa berperan sebagai inovator dalam pekerjaan dan profesinya, jika pengetahuan, wawasan dan keterampilan guru sepanjang masa tidak mengalami perubahan.

Ketika ada kebijakan diperlukannya melakukan penelitian dan publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat bagi guru PNS, banyak guru yang seolah merasa panik atau panik sungguhan. Sikap demikian tidak selayaknya ditunjukan oleh Pekerja Profesional seperti Guru. 
Dalam bahasa saya, ketika guru "alergi" dengan penelitan, ada beberapa catatan yang perlu dicermati:
  1. Guru adalah PROFESI yang syarat pendidikan minimalnya adalah SARJANA dan untuk meraih gelar kesarjanaan ditempuh melalui penyusunan Skripsi yang dalam prosesnya melakukan penelitian.
  2. Penelitian yang dimaksud sebagai syarat kenaikan pangkat Guru PNS itu jenisnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang tujuan utamanya untuk perbaikan pembelajaran yang merupakan tugas utama guru.
  3. Guru memiliki kewajiban moral dan kewajiban profesi untuk selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Kewajiban tersebut akan dapat terpenuhi salah satunya dengan melakukan penelitian.
  4. Guru memiliki tuntutan yang lebih luas dari sekedar tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik yaitu sebagai inovator atau pembaharu dalam lingkup tugas utamanya tersebut.
  5. Guru menyiapkan generasi penerus yang akan hidup dan berperan aktif dalam kehidupan 10 tahun kemudian. Bisa diprediksi tantangan kehidupan seperti apa yang akan dihadapi muridnya pada saat tersebut. Jika guru hanya memberikan bekal berdasarkan pengalaman saja tanpa ditambah hal yang bersipat prepare dan antisipatif untuk menghadapi tantangan masa depan terhadap anak didiknya, celakalah ... mereka hanya akan jadi objek yang akan terlindas kemajuan jaman.
  6. Secara formal, pemerintah maupun lembaga non pemerintah baik nasional maupun internasional terkadang menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Pelajar, Lomba Karya Inovatif Remaja dan sejenisnya, bagaimana guru bisa mempersiapkan (mendidik, melatih dan membimbing) mereka jika gurunya sendiri tidak terbiasa melakukan penelitian.

Mungkin masih banyak lagi catatan yang bisa disampaikan, akan tetapi 6 point di atas mudah-mudahan menjadi pengingat kita untuk kembali menuju titik kesadaran menjalani profesi sebagai guru yang begitu mulia.

Kembali pada soal penelitian, hanya dengan itu kita sebagai guru akan dituntut untuk lebih banyak mencari, membaca, memahami dan melaksanakan berbagai referensi dan literatur yang akan mendukung tugas utama guru dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Selamat Berjuang Guru Indonesia !!!!
Labels: Artikel, Guru dan Tendik

Thanks for reading Ketika Guru "Alergi" dengan Penelitian. Please share...!

Back To Top