-->

Silabus dan RPP; KTSP 2006 dan Kurikulum 2013

Empat Pola Pengajaran Untuk Hadapi Tantangan Masa Depan Versi Medikbud

Empat Pola Pengajaran Untuk Hadapi Tantangan Masa Depan Versi Medikbud || Guru yang mampu menjadi teladan dalam berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif sangat dibutuhkan saat ini. Jika dulu pendidikan lebih menekankan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, maka pendidik masa depan adalah pendidik yang mampu membaca perubahan zaman. 

Berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif adalah empat pola pengajaran yang dapat diterapkan kepada peserta didik agar mereka siap menghadapi tantangan masa depan. Demikian dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Empat pola pengajaran tersebut sifatnya adalah mengajarkan, menginspirasi, dan menggerakkan. Jika seorang guru dapat melakukan empat pola ini, secara tidak langsung mengajak siswa untuk melihat tantangan masa depan.

Guru diharapkan dapat selalu berinteraksi secara baik dengan para siswa. Dengan adanya interaksi yang baik antara guru dan siswa, maka para siswa akan meneladani dengan melihat apa saja yang dilakukan gurunya. Melalui pendidikan yang menginspirasi dan menggerakkan, para siswa akan dapat bersaing di masanya. Hal tersebut dapat dilakukan oleh guru dengan menjadi seorang inspirator bagi siswanya yang tentu dampak jangka panjangnya guru tersebut akan diingat sepanjang masa. 

Keempat pola pengajaran tersebut diharapkan dapat terakomodir di dalam materi pelatihan bagi guru yang diselenggarakan lembaga pelatihan manapun baik pemerintah maupun swasta. Jika empat pola pengajaran ini diterapkan dalam pemberian materi pelatihan, maka menjadi bagian dari menciptakan guru masa depan. Selain itu juga penekanan interaksi baik antara guru dan siswa menjadi kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar.
Labels: Guru dan Tendik, Pembelajaran

Thanks for reading Empat Pola Pengajaran Untuk Hadapi Tantangan Masa Depan Versi Medikbud. Please share...!

Back To Top