Segera, Internet Sekolah di Wilayah 3T dari Pemerintah

Oleh: Juragan Toz Sugianto Sunday, August 09, 2015

Sebagaimana telah dirasakan bersama oleh banyak pihak bahwa manfaat akses internet begitu besar untuk berbagai bidang dalam kehidupan manusia termasuk pendidikan. Internet telah membantu memberikan akses cepat terhadap penyediaan dan pemenuhan kebutuhan akan informasi. Bagi kepentingan pengelolaan pendidikan dan kegiatan pembelajaran, internet telah terbukti mendongkrak peningkatan efisiensi dan percepatan pencapaian tujuan.

Salah satu keterbatasan yang dimiliki oleh sekolah-sekolah wilayah 3T (terpencil, terluar, dan tertinggal) adalah tidak tersedianya sarana dan koneksi internet, sehingga segala macam informasi menjadi sulit diakses baik terkait manajemen dan pendataan pendidikan maupun penyediaan buku pelajaran serta media belajar lainnya yang sekarang sudah tersedia dalam bentuk portal dan buku digital. 

Kondisi di wilayah 3T tersebut mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah melakukan kerja sama melalui menandatangani MoU tentang Penyediaan Akses Internet dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran di sekolah dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Pelaksanaan Kerja sama antara Kemdikbud dan Kemkominfo tersebut bertujuan mewujudkan percepatan untuk penyediaan internet secara berkelanjutan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah, khususnya daerah terpencil, terluar, dan tertinggal (3T). Kerja sama tersebut mencakup penyediaan data dan informasi, pendampingan dan pengembangan sumber daya manusia, penyediaan akses internet dan akses komputer, serta penyediaan sarana dan prasarana pendukung teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Dengan kerja sama ini diharapkan; 
  1. para pengelola pendidikan dapat lebih cepat mengakses informasi-informasi terbaru terkait perubahan kebijakan pendidikan, 
  2. para pengelola pendidikan lebih cepat menyampaikan laporan terkait pendataan pendidikan,
  3. para peserta didik yang sebelumnya terbatas sumber belajar dan informasinya menjadi lebih aktif dan semangat dalam belajar meskipun tinggal di daerah 3T

Dengan demikian, melalui media internet tidak akan ada lagi istilah 3T, karena sebagian besar telah termediasi dengan akses internet yang dapat menembus batas ruang dan waktu. Semoga ... ini segera terealisasi agar, kesenjangan kualitas pendidikan baik pengelolaan maupun ketersediaan sarana pembelajaran yang berujung pada kesenjangan kualitas pendidikan dapat semakin diminimalisir bahkan dihilangkan.